Al Husnayain

SDIT Al Husnayain

IFTITAH

"Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan."(QS. 58 :11).

Salah satu bentuk tanggung jawab kita kepada Allah SWT adalah memberikan pendidikan terbaik kepada anak sebagai bekal dikemudian hari serta untuk kehidupan yang penuh ketaatan kepada Allah SWT, yang dilandasi aqidah yang kokoh, pola pikir yang lurus dan bersih, akhlak (budi pekerti) yang mulia dan dasar-dasar bermuamalah yang baik dengan sesama manusia.

Oleh karena itu, Sekolah sebagai salah satu sarana pembentuk tujuan tersebut, harus mampu memberikan alternatif untuk mengembangkan semua aspek pendukungnya. SDIT AL-HUSNAYAIN terus-menerus melakukan evaluasi dan peningkatan disegala bidang, baik kualitas tenaga pendidik, sarana dan prasarana penunjang pendidikan, efektifitas kurikulum pengajaran, maupun aspek lainnya yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.

VISI DAN MISI

Visi :
Membentuk PRIBADI QUR'ANI dan TERDEPAN dalam IMTAQ dan IPTEK

Misi :
1. Membangun potensi dasar (fitrah) anak didik menjadi hamba Allah yang shaleh secara individual dan sosial.
2. Membina anak didik agar memiliki aqidah yang benar, akal yang cerdas , akhlak yang mulia, tubuh yang sehat dan kuat, amal yang shaleh dan senantiasa cinta kepada Allah dan Rasul-Nya.
3. Menyatukan pengetahuan, kemampuan dan sikap yang islami guna membentuk insan yang taqwa, cerdas dan terampil.
4. Memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik bagi Siswa, Orang Tua dan Masyarakat.

TUJUAN AKHIR PENDIDIKAN
Lulusan SDIT AL-HUSNAYAIN diharapkan menjadi sosok generasi muslim yang memiliki :

  1. Kemantapan aqidah dan akhlak sehingga dapat menumbuh kembangkan potensi fitrah, fungsi kekhalifahan dan melahirkan generasi muslim yang tekun beribadah, menjadi teladan bagi keluarga dan lingkungan.
  2. Memiliki kecerdasan dan keterampilan tinggi, sehingga dapat menciptakan sosok generasi yang berprestasi, terampil dan mandiri.
  3. Memiliki kemampuan ilmiah, keterampilan hidup dan kepemimpinan serta kematangan emosional.

KURIKULUM

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di SDIT AL-HUSNAYAIN menggunakan kurikulum resmi Nasional yang diperkaya dengan kurikulum Diniyah dengan mengembangkan :
• Konsep Pendidikan Islam Terpadu,
Program ini memadukan antar konsep pendidikan Nasional dengan pendidikan Islam secara metodologi maupun sistim pengajaran.
• Kurikulum Nasional,
Sistem pengelolaan kurikulum yang menuntut proses KBM yang memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang diharapkan.
• Tahsin & Tahfidz Al-Qur'an,
Program ini bertujuan agar Siswa mampu menguasai Al-Qur'an dengan baik dan benar dalam membaca dan menghafal.

Selain itu untuk mendukung dan mengembangkan kurikulum tersebut, SDIT AL-HUSNAYAIN memperkaya dengan kegiatan Ekstrakurikuler dan Life Skill dengan maksud agar potensi bakat dan minat Siswa dapat tersalurkan dan dioptimalkan.
Kegiatan Ekstrakulikuler yang dikembangkan di SDIT AL-HUSNAYAIN terdiri dari :

  1. Ekstrakulikuler Wajib yaitu KEPANDUAN / PRAMUKA
  2. Ekstrakulikuler Wajib Pilihan yaitu ROBOTIC, MELUKIS, MULTIMEDIA, SENI NASYID, DRAMA, ANGKLUNG, FUTSAL dan BELA DIRI.
  3. Ekstrakurikuler Pilihan, yaitu RENANG.

TENAGA PENGAJAR (SDM)

Tenaga pengajar SDIT AL-HUSNAYAIN selain memiliki pengalaman, kompetensi pendidik berwawasan kependidikan yang luas, mereka pun memiliki komitmen yang tinggi terhadap Islam, mampu membaca dan menghafal Al-Qur'an dengan benar dan sebagai Da'i bagi Ummat. Mereka berasal dari beberapa perguruan tinggi ternama anatara lain : IKIP/UNJ, UI, IAIN, IPB, LIPIA serta perguruan tinggi lainnya.

SARANA DAN PRASARANA PENDUKUNG
1. Gedung milik sendiri
2. Lapangan Olah Raga
3. Perpustakaan
4. Laboraturium Komputer
5. Jaringan Internet & Wifi
6. Sarana Ibadah
7. Kantin
8. UKS
9. Joglo
10. Koperasi/Mini Market

WAKTU BELAJAR
Untuk memenuhi target pembelajaran, maka SDIT AL-HUSNAYAIN membagi waktu belajar sebagai berikut :
1. Siswa kelas I dan II, Senin – Jum'at pukul 07.30 – 14.00 WIB
2. Siswa kelas III – VI, Senin – Jum'at pukul 07.30 – 15.00 WIB
3. Sabtu pukul 08.00 – 12.00 Ekskul dan Remedial

Guru SDIT Al Husnayain

Kalender

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Pemotongan Hewan Qurban 1437 H

Kemeriahan Hari Pertama Sekolah

Upacara Bendera HUT RI ke-71