Al Husnayain

SMPIT Al Husnayain

Dengan Formula 3M, Siapkan Generasi Profesional dan Kompetitif

Guru SMPIT Al Husnayain

Tidak berlebihan kalau dikatakan SMPIT Al-Husnayain memiliki nuansa yang berbeda. Program pendidikan yang memadukan Ilmu Pengetahuan & Teknologi (Iptek) serta Iman & Taqwa (Imtaq) diramu secara utuh dan selaras. Kurikulum yang digunakan selain mengacu pada kurikulum nasional juga dipadu dengan kurikulum lokal yang kental dengan nuansa religius.

SMPIT Al-Husnayain berdiri sejak tahun 2005. Dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai. Walaupun sekolah ini masih terbilang muda, namun sudah memiliki formula yang jitu dalam mempersiapkan anak didik menuju insan kamil. Menurut Kepala Sekolah SMPIT Muhamad Ikbal, S.Pd.I, SMPIT Al-Husnayain sebagai lembaga pendidikan Islami harus mampu membentuk anak didik yang mempunyai wawasan aqidah salimah(aqidah yang benar), akhlaqul karimah (akhlaq yang mulia), aqliyah dzakiyah (akal yang cerdas), al-jismul qawwiy (fisik yang kuat),amaliyah solihah (amal shalih), dan ikhtimamul ummah (peduli umat). Untuk dapat mewujudkan misi tersebut ia menerapkan formula khusus pada para guru. Formula tersebut disingkat 3M singkatan dari Modal, Modul dan Model.

Pertama Modal. Setiap guru harus mempunyai modal dari sisi keilmuan. Pengetahuan guru jelas harus melebihi murid-muridnya. Kedua, Modul. Guru harus memperbanyak referensi bahan bacaan dari pelajaran-pelajaran yang akan disampaikan pada murid. Hal ini disebabkan karena ilmu pengetahuan tidak stagnan, tetapi dinamis. Perkembangannya bukan lagi hitungan hari melainkan jam. Ketiga Model, yakni keteladanan. Apalah artinya ilmu yang tinggi dan referensi yang setumpuk kalau tidak memiliki keteladanan yang baik bagi murid¬muridnya. Apalagi dalam lembaga pendidikan yang berbasis Islam.

Dalam rangka merangsang minat anak didik terhadap bidang yang disukainya, SMPIT Al-Husnayain setiap tiga bulan sekali menghadirkan tamu professional dari berbagai bidang keahlian. Tamu profesional yang pernah didatangkan ke Sekolah, antara lain pelukis, entrepreneur dan tim penulis dari majalah UMMI. Sedangkan untuk memberikan pengalaman berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan Arab, sekolah mempunyai program khusus. Selain diadakan Arabic Day dan English Day, ada juga program Native Speaker, yaitu dengan menghadirkan orang asing, sehingga Siswa dapat praktik langsung dengan penutur aslinya.

Dalam memberikan wawasan al-jismul qowwiy (fisik yang kuat) bagi para siswa, diadakan Klub olahraga dan pelatihan bela diri Tifan, yakni jenis beladiri yang berasal dari Cina. Semacam kungfu, tapi dari 19 aliran dipilih yang lebih lembut, supaya bisa diikuti siswa laki-laki dan perempuan. Tim pengajarnya pun langsung dari Pusat Tifan Indonesia.

Untuk mengasah kecerdasan spiritual dan emosional, selain kurikulum lokal seperti tahfidzul Qur'an, Siroh, dan Bimbingan Sholat, ada juga kegiatan tambahan seperti Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa) yang diadakan sebulan sekali Acara ini diisi dengan mentoring, muhadharah seperti latihan pidato dalam bahasa Inggris dan Arab, serta Qiyamullail. Sedangkan untuk mengasah kepedulian sosial diadakan program bakti sosial setiap satu tahun sekali. SMPIT Al-Husnayain diharapkan mampu membuat terobosan-terobosan baru secara sistematis dan gradual. Sehingga tidak terjebak dengan slogan-slogan, namun sanggup melakukan aksi-aksi yang riil untuk mencetak genarasi sholeh, cerdas dan trampil.*** Garlia/SBR

Kalender

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30