Al Husnayain

Profil Yayasan

Yayasan Husnayain adalah salah satu dari sekian banyak lembaga swadaya masyarakat yang hadir di tengah keinginan dan komitmen untuk memandu ummat manusia menuju keselamatan dan kesejahteraan hidup, di dunia maupun akhirat.

Sekilas Profil Yayasan Husnayain

Profile Yayasan

Keprihatinan yang mendalam dan rasa tanggung jawab terhadap kondisi pendidikan, kemiskinan, kesehatan dan berbagai penderitaan hidup yang dialami umat Islam Indonesia, telah mendorong para pendiri Yayasan Husnayain untuk ikut berperan aktif dalam upaya pengentasan kebodohan dan kemiskinan melalui kepedulian atau paling tidak ikut berbagi rasa dengan sesama muslim agar di tengah berbagai kesusahan itu mereka tidak merasa diabaikan oleh saudaranya yang lain.

Yayasan Husnayain didirikan pada tanggal 12 Februari 1990 M dengan Akte Notaris Misahardi Wilamarta No. 190/1990. Pendirian dipelopori oleh Ust. H. Bali Pranowo, MBA, bersama empat teman seperjuangan, yakni Ir. Puji Purjono, H. Suherman, Sanusi dan Iskandar, BA. Pada tahun itu pula mereka mulai merintis pembangunan gedung sekolah di lahan fasos/fasum di ujung Jl. Rambutan Raya Komplek Perumahan Harapan Baru, Bekasi Barat. Diawali dengan pembukaan Taman Kanak-Kanak Islam pada tahun 1991.

Selanjutnya arus kebangkitan Islam pada dekade 1990-an disikapi oleh pengelola Husnayain dengan membuka Pusat Kajian Ilmu dan Peradaban Islam melalui penyelenggaraan Ma’had pada tahun 1993. Pendidikan bukan saja kegiatan-kegiatan rutinitas yang harus dialami oleh anak didik, namun lebih dari itu pendidikan merupakan hal yang strategis dalam proses pembentukan dan pengembangan generasi muslim yang berkualitas. Lalu pada tahun 1997 Husnayain mendirikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT).

Sekolah terpadu merupakan terobosan baru dalam dunia pendidikan, karena mengintegrasikan antara pendidikan umum dan agama, kauniyah dan diniyah, iptek dan imtaq, dengan model belajar full day school. Dalam Pengembangan selanjutnya Yayasan Husnayain menyadari bahwa masih sangat banyak yang harus diperbuat guna membangun dan mengembangkan sumber daya insani. Makanya, keberadaa TK, SDIT dan Ma’had dirasa belum cukup untuk memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat. Di satu sisi Husnayain juga menyadari bahwa tantangan dan kendala dalam membangun masyarakat cukup banyak. 

Oleh karena itu secara pelan namun pasti Yayasan Husnayain terus berusaha melebarkan sayap garapannya. Setelah membuka TPA & MDA pada tahun 1990, kemudian pada tahun 2005 didirikan pula Sekolah Menengah Pertama Islam terpadu (SMPIT). Langkah ini diambil guna merespon kebutuhan masyarakat akan pentingnya sekolah terpadu berkelanjutan. Oleh karenanya tiada kata untuk berhenti dalam berkarya dan berprestasi guna membangun kembali kejayaan ummat. Hal ini disadari sepenuhnya oleh pengelola Husnayain, karena kami tidak ingin hanya bersandar pada sejarah atas apa-apa yang telah kami perbuat di awal. 

Seiring perkembangan zaman dan pertumbuhannya, maka peningkatan profesionalisme (Kecakapan, keahlian dan kepemimpinan) serta dedikasi (Loyalitas dan rela berkorban) merupakan kebutuhan yang tak bisa ditawar-tawar lagi.

Kalender

« June 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30